cover
Contact Name
-
Contact Email
-
Phone
-
Journal Mail Official
-
Editorial Address
-
Location
Kab. aceh besar,
Aceh
INDONESIA
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN : 23554185     EISSN : 25488546     DOI : -
Core Subject : Education,
Jurnal Didaktik Matematika is a periodical academic journal that is published by Master Program of Mathematics Education, Syiah Kuala University Banda Aceh incorporating with Himpunan Matematika Indonesia (Indonesian Mathematical Society/IndoMs) and Research Institute of Syiah Kuala University as well as being supported by the board members who are experts in the area. This Journal is published twice a year (April and September). This journal was established on December 27, 2013 and published its first edition in April 2014. This Journal publishes new and original research in the field of mathematics, mathematics learning, technology, mathematics, and realistic mathematics education.
Arjuna Subject : -
Articles 1 Documents
Search results for , issue " Vol 1, No 1 (2014): Didaktik Matematika" : 1 Documents clear
Penggunaan Media Visual dalam Pembelajaran Pecahan untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Kelas V SD/MI Yani, Bainuddin
Didaktik Matematika Vol 1, No 1 (2014): Didaktik Matematika
Publisher : Universitas Syiah Kuala

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | Full PDF (32.982 KB)

Abstract

Abstrak. Pemecahan masalah matematis yang berkaitan dengan materi pecahan adalah salah satu materi matematika yang sulit bagi siswa SD/MI. Penelitian ini bertujuan mengkaji pengaruh penggunaan media visual terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Eksperimen dengan disain penelitian two groups pre-test post-test control group design ini menetapkan populasi seluruh siswa kelas V MIN Tungkop Aceh Besar dengan lima kelas paralel. Sampel diambil secara purposif dua kelas dari tiga kelas unggul yang ada di MIN tersebut, masing-masing satu kelas dijadikan sebagai kelas yang mendapat perlakuan (treatment) dengan jumlah siswa 35 orang dan satu kelas lagi sebagai kelas kontrol dengan jumlah siswa 34 orang. Di kelas perlakuan (treatment) pembelajaran pecahan dilaksanakan dengan menggunakan media visual dan di kelas kontrol pembelajaran pecahan dilaksanakan dengan cara konvensional. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen kemampuan pemecahan masalah matematis untuk siswa (tes esei). Untuk pengujian hipotesis, data pretes dan postes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan data peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis terlebih dahulu diperiksa persyaratan analisisnya berupa homogenitas dan normalitas. Pengujian hipotesis menggunakan uji-t pada taraf signifikansi 5%. Pengolahan data dengan menggunakan SPSS 17.0 for Windows telah diperoleh (1) Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan media visual lebih baik daripada kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional, dan (2) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran dengan menggunakan media visual lebih baik daripada peningkatan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa yang mendapat pembelajaran secara konvensional. Berdasarkan temuan ini, maka direkomendasikan kepada guru SD/MI bahwa ketika mengajar matematika khususnya topik pecahan, hendaknya menggunakan media visual sehingga siswa lebih mudah memahami konsep maupun pemecahan masalah matematis. Kata kunci: Pembelajaran dengan menggunakan media visual, pecahan,   pemecahan masalah matematis.

Page 1 of 1 | Total Record : 1